Jumat, Oktober 17, 2008

MAAF [nak]

Alam bawah sadar sering membuat ortu jadi salah bertindak ketika menghadapi anak yang bermasalah.

Berkaca pada ilmu mendidik anak, maka jangan sampai keluar kata "JANGAN" ketika melihat anak melakukan sesuatu [yang tidak disukai ortunya]. Begitu juga, jangan sampai tangan kita begitu ringannya, sehingga untuk suatu kesalahan kecil saja tangan kita sudah melayang menempeleng anak [tercinta] kita.

Sesal kemudian sudah tidak berguna. Kalimat sudah terucap dan tangan sudah menempeleng. Permintaan maafpun sering jadi hambar, karena anak kita sudah memasang "pelindung" untuk tidak mendengar lagi suara kita.

Satu hal sepele lagi yang membuat anak memasang "pelindung" telinga adalah bila kita menasehati anak kita dan mendahuluinya dengan suatu kalimat klise,

"dulu ... bapak ini ..."
"dulu ... ibu nggak gitu ..."

Wah, dijamin anak langsung tutup telinga [mode "budeg":ON].

Aku masih inget ketika saking marahnya melihat anakku yang tidak suka makan, aku langsung bereaksi berdasar alam bawah sadarku. Pasti itu menjadi trauma bagi anakku.

[semoga anakku memaafkan aku dengan perbuatanku itu, insya Allah, amin]

Kalau gak salah Mario Teguh bilang begini [tentang kegagalan/kesalahan] :

"Kesalahan kita butuhkan untuk hasil yang lebih baik, karena timbulnya kesalahan adalah tanda diperlukannya cara-cara yang lebih baik. Membuat kesalahan dan bahkan gagal dalam melakukan sesuatu yang berguna, adalah lebih baik daripada tidak pernah salah karena tidak melakukan apapun".

Mas Mario memang sedang naik daun. Banyak kalimatnya yang di"copy paste" di blog maupun di ceramah-ceramah. Semoga nasihat yang diberikannya bermanfaat bagi pendengarnya. [amin]

Aku juga sedang berusaha untuk melawan alam bawah sadarku. Dunia anak sekarang sangat berbeda dengan dunia anak saat aku dulu masih anak-anak.

Semoga Tuhan memberi kemampuan padaku untuk bertindak dengan benar. Menunjukkan aku yang benar adalah benar.

Amin.

7 komentar:

LiTha-cHan mengatakan...

hMm.. kiTa saMa-saMa bRusaHa tuK..
tDak mLakuKan yG tDak diSukai oRanG ya paK..!!

bYar taK bnYak LaGi doSa-doSa yG mNumpuk..
daN paHaLa-paHaLa yG tRbuanG..


oKeh..!!

eshape waskita mengatakan...

Makasih ya Nak,

kamu memang anak yang ngerti banget sama ortu, semoga semua keinginanmu yang bagus2 itu tercapai semua

amin

bank_al mengatakan...

jadi bapak susah juga ya Mas?

Anonim mengatakan...

MeMangNya duNia aNaK jaMan DuLu kayaK aPa pak..?

eshape waskita mengatakan...

@bank Al
memang susah, tapi karena sudah jadi bapak ya harus dijalani
he..he..he... bapaknya bank Al kan hebat, jadi anaknya dijamin hebat juga euyw...

@anonim
ini LuLuk apa Litha ya?
kayaknya LuLuk deh [bener gak?] sori kalau ini Litha ya.

dulu .... [wah ... mau enggak nich denger kata2 yang dimulai dari kata "dulu"]

anak2 jaman dulu takut mukul perut bapaknya
apalagi lari dan langsung nemplok di badan bapaknya yang baru pulang dari kantor

lihat kan ketika ada adegan anak yang lari dan langsung minta gendong bapaknya dalam film life is beutiful [padahal bapaknya baru mau dibunuh kalau sampai dia istirahat kerja]

Syamsul Alam mengatakan...

Wah-wah-wah....... perasaan anda gimana mas eshape, ditanyai kayak gini oleh anak bapak sendiri... lewat blog pula.......

Hihihihi...... film life is beautiful emang bagus banget.....

eshape mengatakan...

he..he..he.. begitulah mas kalau sudah jadi bapak [model sekarang]

anak-anak sudah pada kritis tuh, gak kayak jaman bapaknya masih jadi anak-anak

so.... enjoy aja..!!!

salam