Sabtu, Oktober 11, 2008

Kekompakan TiM


Pelajaran sebagai staf teknik, kasi logistik dan peralatan, kasi teknik, dan pelaksana membuat aku punya keyakinan bahwa saat aku nanti jadi kepala proyek, maka yang perlu digarap adalah kekompakan sumber daya manusianya dulu baru yang lainnya.

Begitulah, ketika aku jadi kapro, maka kubuat suasana sehingga semua merasa nyaman. Mungkin ini ada pengaruh dari karakteristik tipe kepribadianku yang ENFJ, yaitu sebagai berikut :

"Seorang Pembujuk alamiah. Dalam kesehariannya menyukai kehidupan yang teratur dan terjadwal. Mereka memiliki kemampuan yang besar untuk berhubungan dengan orang lain dengan empati dan melibatkan diri dengan karakteristik, emosi dan keyakinan orang lain. Menghargai kerjasama dan mau bekerja sama dengan orang lain."

Ketika akhirnya aku menjadi KEpala Bagian, maka kekompakan tim proyek selalu menjadi isue utama setiap aku berkunjung ke proyek. Suatu masalah selalu menjadi lebih mudah ketika diselesaikan secara kelompok.

Sabtu ini, 11 Oktober 2008, ketika berkunjung ke Proyek Bandara Kuala Namu Medan, maka aku menjadi sangat terperanjat [tapi tidak sampai melongo] melihat sebuah tim proyek yang luar biasa kompaknya.

Yang lebih luar biasa lagi, ternyata mereka semua atau hampir semua, adalah alumni ESQ. Wuiiii, alangkah indahnya punya tim seperti ini. Semua masalah selalu diselesaikan dengan hati dan bukan emosi.

Hasilnya juga segera nampak. Proyek ini punya kans untuk memberikan laba yang memadai dan semua personil yang terlibat dalam proyek ini terlihat santai tapi serius [sersan] dalam menghadapi pekerjaannya.

Mereka mampu membagi waktu untuk, bekerja, bermain dan istirahat dengan baik.

Yang lebih istimewa lagi, semua pelaksana proyek ini punya laptop [dan bisa nggunain laptop itu untuk bekerja]. Sungguh ini adalah tim impian, dan kita akan membuktikannya nanti di akhir proyek.

Semoga begitulah doa mereka dan begitulah rencana Tuhan.
Amin.

2 komentar:

Myself story mengatakan...

Perjuangan dari pertama kerja sampe jadi Kapro pastinya ga gampang ya Bang? Hehehe, tapi kan mesti usaha dan kerja keras n jangan lupa selalu berdoa semoga ALLAH SWT memberikan yang terbaik! Minal Aidin Wal Faidzin ya... ESQ, emang punya pengaruh yang besar ya?

eshape mengatakan...

Dulu belum ada ESQ, sekaranhg udah enak ada ESQ, jadi bisa mempercepat pemahaman tentang pentingnya mendengar suara hati dan memupuk suar ahati dengan cara yang benar.

Sukseskan Indonesia Emas 2020

Salm 165