Minggu, Agustus 03, 2008

50 minus OnE





Nasehat dokter ketika aku menjalani medical check up isinya kira-kira mirip atau sama dengan nasehat dokter pada umumnya.


"Jalan kaki minimal 3 km per minggu minimal 3 kali, atau minimal 30 menit jalan kaki per minggu 3 kali"


Tentu saja aku manggut-manggut saja. Mau bilang apa, karena itu adalah nasihat lazim dan mestinya bisa dijalankan oleh semua manusia di dunia ini.


Padahal, dalam hati aku sebenarnya berkeberatan. Acara jalan kaki yang bisa kulaksanakan hanya hari Sabtu dan Minggu saja, itupun kalau tidak ada kegiatan dadakan yang membuat aku nggak bisa mengisi acara jalan kaki di hari Sabtu dan Minggu.


Belum lagi yang namanya penyakit malas. Wuihhh... susah sekali menyembuhkan penyakit males jalan kaki ini.


Alhamdulillah, di halaman belakang ada tempat yang cocok untuk bermain bola dengan keluarga. Jadi utang jalan kaki bisa sedikit di"cicil" di acara main bola itu.


Untuk laki-laki berusia 49 (50-1), maka setahun lagi akan mulai banyak penyakit yang rajin datang. Untuk itu, mulai sekarang harus sudah dipasang pertahanan yang kuat untuk menolak penyakit itu.



Strategi penyusunan benteng perlu dipikirkan mulai sekarang, dan program yang perlu dilaksanakan adalah a.l :


  1. Jalan kaki seminggu minimal 3 kali, dengan jarak minimal 3 km, atau jalan kaki seminggu minimal 3 kali dengan waktu tempuh minimal 30 menit (sama dengan nasihat di atas)

  2. Kurangi maknan berlemak (daging dkk)

  3. Perbanyak makan sayur, buah dkk

  4. Yang paling penting, selalu ikhlas dan tersenyum dalam kondisi apapun.

Insya Allah, aku sanggup melaksanakannya.


Amin.











Tidak ada komentar: