Jumat, Agustus 08, 2008

080808


Aku inget tahun 2000, tahun kelahiran LiLo, betapa banyaknya orang Chinese yang melahirkan di Rumah Sakit Gleneagles Medan. Waktu itu aku gak ngerti kok bisa banyek banget pasien para dokter kandung di tahun itu. Laris deh para dokter kandungan di tahun itu.

Beberapa waktu kemudian, setelah LiLo lahir, baru aku "ngeh", menyadari bahwa tahun Naga yang jatuh pada tahun 2000 adalah termasuk tahun yang dinanti-nantikan oleh beberapa teman etnis Chinese.

Makanya kalau noton film silat cina, sering pakai judul yang berbau NAGA. Rupanya Naga membawa peruntungan buat mereka.

Hari ini, tanggal Delapan Bulan Delapan Tahun Dua Ribu Delapan, rupanya terulang kembali fenomena itu. Farhan di Radio Delta FM tadi pagi cerita tentang banyaknya ibu-ibu yang minta dioperasi cesar, agar bayinya lahir di hari ini, 080808.

Padahal operasi semacam itu tentu ada risikonya.

Kalau dibaca di situs 
http://www.pedulisampah.org/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=8

Ada tulisan begini :

.... susahnya permintaan ibu-ibu hamil melahirkan melalui operasi saja hanya karena tidak tahan sakit, permintaan suami, atau demi hari baik, sering diluluskan oleh dokter kebidanan. 
Padahal sebelum seseorang setuju atau meminta dilakukannya suatu operasi, sebaiknya pasien mengetahui untung-rugi, risiko, dan komplikasi yang mungkin terjadi saat dan pascaoperasi....

Nah, pilihan ada di tangan ibu dan bapaknya.

Dimana ada keinginan pasti ada risikonya, makin besar keinginan maka risikonya pasti makin besar. Idealnya sih keinginan makin besar risiko makin kecil, tapi apa ya ada kondisi ideal semacam itu?

Salam.

2 komentar:

lies.surya mengatakan...

menurut saya gak penting banget memaksakan seorang bayi lahir karena idealis ortu menginginkan tanggal kelahirannya yang unik. Lahir, hidup, rizky, dan mati sudah diatur semua oleh Allah :)

btw, naga itu memang simbolis kejayaan banget ya? orang-orang china yang punya toko emas pasti meletakkan gambar naga di banner tokonya

eshape mengatakan...

memang ada bedanya terpaksa dengan memaksa,
LiLo dulu terpaksa dimajukan hari kelahirannya, karena beberapa alasan :
1. dokternya sibuk banget, sehingga dia hanya punya waktu di hari Sabtu
2. umur kandungan sudah sangat cukup, artinya kalau hari Sabtu LiLo dilahirkan tidak ada masalah dari sisi media (ini benar atau enggak aku juga nggak tahu)
3. bapaknya juga sibuk banget dan kalau LiLo bisa dilahirkan hari Sabtu, tentu akan sangat memudahkan proses tetek bengek kelahirannya

salam