Jumat, September 19, 2008

Pemantapan Examiner IQA 2008


Tahun 2008 ini Yayasan IQA Indonesia kembali mengadakan pemantapan untuk para Examinernya.

Mengapa perlu dimantapkan lagi, padahal kriteria penilaian versi tahun 2008 dan versi tahun 2007 nyaris sama. 4 perubahan pokok yang ada di versi 2008 tidak akan banyak membuat para Examiner berkerut kening, karena perubahan itu dianggap tidak signifikan terhadap requirement MBCfPE.

Itu pulalah yang membuat aku tidak 100% bersemangat ketika mengikutinya. Paling itu-itu lagi yang dibahas, begitu kata pikiranku.

But I'm wrong ...!

Pemantapan itu luar biasa hebat materinya. Sungguh berbahagialah mereka yang ikut pelatihan/pemantapan itu.

Rupanya bukan requirement yang dibahas dalam 3 hari pelatihan ini [17-19 Sept 2008], tapi "improvement' dalam melakukan examinasi bagi para examiner. Dengan demikian, diharapkan [dan diyakini] metode yang dipakai oleh para Examiner tahun 2008 ini akan sangat memudahkan para Examiner untuk melakukan ODA [on desk assesment], Site Visit maupun memberikan masukan bagi aplikan yang menerapkan MBCfPE [Malcolm Baldrige Criteria for Performance Exellence]

Salaut buat pak Win dan Pak Tumpal, dua instruktur yang tak kenal lelah memandu acara ini. Merekalah yang telah membuat pelatihan 3 hari ini terasa begitu cepat berlalu, tahu-tahu sudah selesai.

Semoga assesment tahun ini dapat meningkatkan kinerja para aplikan yang telah menjalankan MBCfPE.
Amin.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah, Room Mate saya menghilang pada saat2 akhir ya, namun tiba2 muncul di blognya..he..he..