Senin, Juli 28, 2008

Indahnya Berbagi

Saat linux diperkenalkan dan kemudian begitu cepat berkembang, Microsoft sempat sangat cemas. Segala strategi dikeluarkan untuk meningkatkan performa windows, baik dari sisi tampilan maupun pemasarannya.

Beberapa milis di akhir tahun 90an, menjelang tahun 2000, sarat dengan perdebatan pro kontra OS Linux dan Windows.

Kini di tahun 2008, linux sudah banyak bersanding manis dengan windows, bahkan kebanyakan laptop yang dipajang di show room sudah memasang OS Linux untuk memangkas harga produksinya.

Komunitas linux yang dulunya penuh dengan orang-orang aneh (berkaca mata minus, pendiam dan terkesan cuex), sekarang sudah lebih familiar (ini sih kata orang-orang aja, sangat subyektif dan nggak ada survei yang membukukan hal-hal semacam ini).

Semangat linux, semangat berbagi inilah yang membuat aku sangat tertarik untuk berdekatan dengan para linux mania.

Gayung bersambut, merekapun kayaknya senang bergaul denganku, sampai-sampai aku dijadikan moderator beberapa milis linux. Sempat diwawancarai juga dan dimasukkan majalah info komputer, ketika aku membandingkan perangkat keras yang dibutuhkan oleh os linux dan os windows.

Di Indonesia, meskipun semangat "korupsi" masih belum luntur, namun semangat berbagi juga terus berkembang. Salah satu bentuk semangat berbagi itu terasa "kental" pada kelompok "ESQ Way" yang mentargetkan Indonesia Emas 2020 dan Dunia Emas 2050.

Di tahun itu, pekerja pergi ke tempat kerjanya dengan niat untuk beribadah pada Tuhannya dan bukan lagi pada perusahaannya. Tentu hasilnya akan tercipta masyarakat pekerja yang produktif, penuh semangat dan saling bersinergi.

Hari ini kutemukan satu situs yang menunjukkan semangat berbagi yang luar biasa. Silahkan simak situs kamalmisran di http://kamalmisran.wordpress.com/

Ada juga situs lain yang isinya tentang berbagi. Ini adalah situs pilihan dari PCMild 13/2008 yaitu di http://pcguru.okihelfiska.net/


Semoga semangat berbagi dengan ikhlas ini terus berkembang, bergaung ke semua insan Indonesia. Amin.


Ini foto mas kamal misran

Tidak ada komentar: