Selasa, Januari 13, 2009

Setengah Isi [lagi]


Pagi ini aku nerima sms dari pak Parlin, pengarang buku Setengah Isi Setengah Kosong "Half Full Half Empty". Bagi yang belum kenal dengan buku ini, dibawah ini tak cuplikkan komentar beberapa orang yang tergabung dalam kelompok pembaca buku di http://www.goodreads.com/

Soalnya kalau aku yang nulis komentar, mungkin unsur subyektifitasnya agak kental.

yang pertama dari sini dulu

http://www.goodreads.com/user/show/592229

Buku ini adalah karya Parlindungan Marpaung, seorang yang disebut sebagai The Inspiring Trainer.

Buku Setengah Isi Setengah Kosong ini berisi 63 buah kisah yang terbagi ke dalam lima topik utama.

Sebelum masuk ke dalam hal yang akan dibahas, disajikan sebuah kisah yang barhubungan dengan pembahasan. Sebenarnya, kisah-kisah tersebut dikaitkan dengan kehidupan bisnis dan karier. Namun, keseluruhan kisah tersebut dapat menjadi inspirasi bagi siapapun yang membacanya.

Walaupun belum terjun ke dalam kehidupan bisnis dan karier, pembaca tetap dapat memperoleh hikmah dari buku ini. Seperti kisah tentang optimisme, komunikasi, dan motivasi yang dekat kehidupan sehari-hari. Insight dari kisah-kisah tersebut dapat diterapkan dalam khidupan keluarga, persahabatan, dan diri sendiri.

Setelah membaca buku ini, diharapkan para pembaca dapat mengubah dirinya menjadi lebih baik.


Yang kedua dari sini nih :

http://www.goodreads.com/user/show/203482

Intinya sih tentang positivisme dalam hidup.
maksudnya,,, untuk sukses manusia harus berpikir positif dan membalikkan semua weakness & threat menjadi strength & opportunity.

Aku baca ini cuma krn ini buku wajib dari company sih, pake acara diancam "bulan depan ada kuisnya lho". hehe,,

====

Aku sampai ketawa membaca komentar terakhir ini. Sampai segitunya perusahaan dia memaksa karyawannya untuk membaca buku ini. Syukur, bukunya memang bagus, jadi akhirnya yang dipaksa malah kesenangan.

Pak Parlin sendiri pernah menulis di sebuah sampul buku "Fullfiling Life" yang diberikan kepadaku [maksudnya aku beli bukunya terus minta tanda tangannya, gitu...]. Nah dia nulis begini, "buat smart leader ... dst"

Aku takjub membaca tulsian itu, sampai-sampai kusuruh anakku untuk meyakinkan aku kalau aku ini smart leader. Gak salah tuh pak?

Semangat narsisku langsung berkembang dengan begitu cepat. Ternyata aku ini seorang smart leader. Akupun jadi inget ucapan kawan lamaku,"kamu ini Garuda,meskipun mungkin kamu merasa emprit" [halah ini malah kayak diskusi Tikungan Iblis Teater Dinasti].

Satu lagi, seorang temanku juga membalas doaku dengan ucapan begini, "That's all we have to do... do the best with all of my heart without any complain.. and God will bless us. THANK'S We need leader like you..Sir"

Wah, akhir-akhir ini banyak orang yang sedang melambungkan diriku ke awang-awang. Apa pelajaran yang bisa dipetik hari ini?

1. Bersyukur pada Allah swt atas segala karuniaNya yang tak pernah berhenti tercurah padaku.
2. Yakin bahwa Yang Maha Tahu masih menutupi kekurangan-kekuranganku, sehingga hanya kelebihanku yang terlihat di hadapan mereka.
3. Terus belajar dengan penuh semangat sampai sebelum masuk liang lahat.


nb
iklan buku ini sebagai berikut :

Cara pandang yang positif akan sangat mempengaruhi efektifitas kerja, bahkan seluruh gerak hidup kita. Melalui cara pandang demikian, secara tidak langsung akan mempengaruhi bagaimana kualitas hidup dan nilai hidup yang dimiliki. itulah sebabnya mereka yang mempunyai cara pandang positif akan memiliki Willingness to do more (keinginan untuk melakukan lebih dari yang diminta) dan memiliki watak pekerja yang cerdas ( smart worker ).

Individu yang memiliki cara pandang yang positif, secara pribadi juga akan mampu memetakan kompetensi dan minatnya sehingga dia akan tahu dimana dan bagaimana dia berkembang. Orang yang memiliki cara pandang positif pada umumnya meyakini bahwa menyelesaikan pekerjaan adalah the way of life ( cara hidup ) bukan how to life ( bagaimana hidup ).

Lewat setengah isi setengah kosong, Parlindungna Marpaung mengajak kita untuk mengembangkan sikap positif dalam memaknai hidup. Inilah buku yang akan mengubah cara pandang anda tentang tantangan, kesulitan dan pilihan, menjadi bernilai positif.

Lebih dari itu, dari kisah-kisah khas yang tersaji dalam buku ini akan membangun dan memacu optimisme hidu, sebagaimana yang dikemukakan Zig Ziglar :

Optimisme yang sesungguhnya adalah menyadari masalah serta mengenali pemecahannya.

Mengetahui kesulitan dan yakin bahwa kesulitan itu dapat diatasi. Melihat yang negatif, tetapi menekankan yang positif.

Menghadapi yang terburuk, namun mengharapkan yang terbaik. Mempunyai alasan untuk menggerutu, tapi memilih untuk tersenyum.

8 komentar:

Syamsul Alam mengatakan...

Iklan bukunya keren banget mas..... Banyak yang perlu di benahi dalam hidupku... hiks-hiks....

Bingung aku mau komen apa... speechless aku.......

eshape mengatakan...

Kapan-kapan kalau dia ceramah di surabaya, tak undang ya.

Aku nanti dikasih nomor yang bisa dihubungi ya. Dia ini motivator yang bersertifikat, jadi pasti menarik deh untuk diikuti.

Salam

Baka Kelana mengatakan...

Buku yang bagus..perlu di baca..thanks info nya ya

eshape mengatakan...

Mas Baka,
kalau suka mbaca buku masuk saja ke
http://www.goodreads.com/

eh...
jangan2 malah sudah ada disana
add aku ya
imilku eko.eshape@gmail.com

salam

Bill mengatakan...

thanx infonya pak. salam kenal

Muhammad Azli Shukri mengatakan...

banyak sungguh ilmu saudara.

Anonim mengatakan...

Pak Dhe, dah pegang buku Mission Ini Possible -nya Mas Miftakhul Huda kah? Keren juga ingatkan aku ma semangatmu sing kadang rada impossible juga. Salam semangat.

eshape waskita mengatakan...

Mas Bill, salam kenal kembali
Senang punya teman yang gemar nonton Godfather
[banyak kalimat yang berbau filosop disana]

Bang Azli
bapak terlalu memuji
blog bapak menunjukkan kehebatan bapak dan
saya klik di tautan follow
[I follow You bang Azli]

buat Anonim
susah nih ngasih komentar, soalnya aku gak tahu siapa dibalik anonim ini.
[kira-kira sih ada, tapi takut salah tebak]

Salam dan terima kasih