Jumat, September 07, 2007

IBU

Orang yangtak pernah putus kasih sayang dengan anak adalah seorang Ibu. Mungkin karena memang kita pernah sembilan bulan bersamanya dalam segala kondisi, maka ikatan erat itu sangat susah dipisahkan.

Dulu aku sangat heran ketika makan kacang kulit dan ibu selalu setia membukakan kulit
kacang, sehingga aku tinggal makan isinya saja tanpa kesusahan membuka kulitnya. Sementara aku dan juga saudaraku saat membuka kulit kacang dan ada orang lain yang langsung memakan kacangnya tanpa ikut membuka kulitnya pasti marah besar dan bisa berantem, maka tindakan ibu itu sungguh sangat menakjubkan.

Ketika aku sudah jadi orang tua, baru kusadari bahwa hal itu adalah tindakan yang biasa. Kasih sayang yang tuluslah yang membuat itu menjadi hal yang biasa. Film itu sering muncul dalam hidupku, karena hal itu pulalah yang sering terjadi dalam kehidupanku saat ini bersama anak-anakku.

Aku bahkan sangat menikmati proses membuka otak ayam dan ketika otak ayam yang sudah ditungguin anak-anakku masuk ke mulut anak-anakku, suatu perasaan hangat selalu saja muncul di hatiku.

Di Dunia ini sangat sulit mencari orang yang sanggup mengasihi kita seperti kasih seorang ibu kepada anaknya, dan sangat sulit bagi kita untuk membalas kasih sayang itu, walaupun kita sudah menjadi orang yang mempunyai segala hal.

Kasih ibu tak akan pernah tergantikan dan tak akan pernah bisa kita balas, jadi dengan cara apapun marilah kita selalu mencoba untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kasih sayang kita kepada ibu kita tersayang.

Tidak ada komentar: