Kamis, Maret 20, 2008

KuciWa? Gak lah yauw...

Temenku sudah merencanakan liburan 4 hari ini dengan acara yang spektakuler. Dia ajak 28 kaum kerabatnya untuk bepergian ke manca negara. Acara itu akhirnya gagal karena pesawat yang mau ditumpanginya tidak boleh diterbangkan lagi.
Teman yang lain juga merencanakan mau mengisi liburan ini dengan jadwal acara yang cukup padat. Acara inipun gagal karena ada kekuasaan lain yang tidak mengijinkan acara itu terlaksana.
Kecewakah mereka?
Ternyata tidak, mereka “enjoy” aja tuh. Masih banyak hal yang bisa dilakukan bila suatu kegiatan tidak bisa dilaksanakan karena usahanya sudah “menthok”, habis-habisan!
Kecewa hanya terjadi jika hati kita sudah mematok suatu hal dengan mengabaikan hal-hal lain diluar kekuasaan kita.
Selama hati kita menyadari betapa kecilnya kita, maka segala rencana hati selalu kita pasrahkan pada Yang Maha Kuasa pada pelaksanaannya. Kita hanya wajib berusaha dengan semampu kita, dan memasrahkan hasil usaha padaNya. Mau baik atau buruk, sebenarnya itulah yang terbaik bagi kita.
Kadang kita lupa atau tidak tahu, bahwa yang kita anggap baik belum tentu baik bagi kita. Yang kita anggap buruk jangan-jangan malah yang terbaik bagi kita.
Dalam hidup ini memang perlu Plan-Do-Check-Action. Kita rencanakan apa yang akan kita perbuat, lakukan rencana itu, cek proses dan hasilnya, tentukan cara yang terbaik berdasar hasil cek.
Itu saja!
Hasilnya serahkan pada Tuhan YME. Insya Allah, yang terbaik yang selalu kita terima. Amin.
………

Tidak ada komentar: