Sabtu, Maret 15, 2008

gagal "maning"

Minggu ini kembali aku gagal jadi presenter K3LM (Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Mutu). Kesibukan yang tiba-tiba muncul membuat semua rencana terpaksa dibatalkan. Tentu kepeningan segera menerpa, karena tugas itu tetap harus dilaksanakan bagaimanapun caranya.

Setelah menarik nafas panjang, kuajak 2 teman untuk diskusi masalah presentasi K3LM yang sudah kubuat. Satu orang adalah panitia dan satunya kawan satu ruangan. Dengan kecepatan penuh, kujelaskan satu demi satu inti dari tiap slide presentasiku.

Dalam waktu sepuluh menit, materi presentasi 2 jam sudah masuk ke otak mereka dan dari pandangan mata mereka kuyakin mereka sudah 80% memahami isi presentasiku. Menurutku, 80% sudah cukup, karena kuyakin mereka bisa melengkapi yang 20% dengan kemampuan mereka.

Untuk meyakinkan diriku, kuberi beberapa tips presentasi, khusus untuk menjawab pertanyaan audience, karena menurut mereka menyampaikan slide itu masih bisa dilakukan tetapi kalau ada pertanyaan apa yang bisa mereka lakukan?.

Ini tips menjawab pertanyaan audience :
1. Pastikan pertanyaan dari audience jelas didengar oleh semua audience, minta konfirmasi bila perlu.
2. Minta audience untuk membantu menjawab, dan jangan pernah menyalahkan jawaban dari audience, biarpun jawabannya salah.
3. Waktu yang diperlukan untuk item 1 dan 2 mestinya sudah cukup memadai untuk memikirkan jawaban yang paling tepat, sehingga jawaban terakhir dari kita sebenarnya adalah rangkuman jawaban audience dan kesimpulan tambahan dari kita.
4. Bila jawaban tersebut kita tidak yakin akan kebenarannya, maka kita harus menyampaikannya ke audience. Sampaikan bahwa jawaban tersebut masih diragukan, dan jawaban yang benar akan dikonfirmasikan kepada yang lebih berkompeten.

Sedangkan tips untuk menjadi presenter yang baik, antara lain adalah :
1. Jangan sampai tangan masuk ke saku
2. Jangan memain-mainkan sesuatu di tangan (ballpoint, pensil, dll)
3. Jangan bersandar (meskipun hanya dengan ujung jari tangan)
4. Kuasai ruangan, jangan suka membelakangi audience
5. Dekati audience jika ada yang bicara sendiri atau mengajukan pertanyaan.
6. Pandang mata audience untuk melakukan kontak, bila “takut” pandang sedikit di atas matanya.
7. Dll (masih banyak sebenarnya)

Alhamdulillah, presentasinya lancar. Aku jadi nemu presenter baru lagi untuk mewakili presentasi K3LM, bila lain kali kembali berhalangan.

Dimana ada kesulitan pasti akan muncul kemudahan. Itu janji Allah.


.....

Tidak ada komentar: