Senin, Desember 29, 2008

Satu untuk Semua, Semua untuk Semua

Sehabis Isya, Ariel mulai menulis blog. Dia mengambil topik perseteruan antara para blogger yang memasang gambar Lu** M**a dengan portal kap**la**.com. Topik ini terasa hangat karena banyak sekali blogger yang dikecewakan oleh portal tersebut dan mulai bergerak menuliskan kekecewaan mereka terhadap portal tersebut di blog mereka masing-masing.

Sejam kemudian, setelah selesai menulis dan menerbitkan blognya, maka Arielpun membuka PLURk [http://www.plurk.com/] dan mulai menuliskan keadaan dirinya pada saat itu.

"Akhirnya, satu blog selesai kubuat", begitu tulisan pertamanya.
Kemudian Ariel kembali menulis,"Selamat malam teman-teman [yahoo]"

Tulisan [yahoo] adalah wakil emosinya yang berbentuk emoticon dengan tarian "khas"nya.

Setela itu, Arielpun mulai membaca tulisan dari kawan-kawan PLURKnya. Beberapa komentar yang menyentuhnya, langsung dikomentarinya. Kadang kawan plurknya langsung membalas komentarnya, tapi tak jarang setelah selesai memberi komentar, tak ada yang membalas komentarnya.

Bila sudah puas menulis di PLURK, maka Arielpun membuka imil, dan ia lebih memilih webmail, dengan alasan tak mau memenuhi kompienya dengan imil sampah dan agar bisa dibaca dimanapun dia berada. Webmail memang lebih nyaman dipakai untuk membaca imil dari milis yang kadang isinya penuh sampah.

Di webmailnya, beberapa topik imil yang sudah dipilah-pilah segera muncul di layar kompienya.

Yang dilakukan Ariel secara rutin antara lain adalah sebagai berikut :

1. Memastikan blognya telah terbit dengan munculnya "email alert" yang berisi bahwa artikel yang diterbitkannya telah muncul di blog lengkap dengan isi blognya.
2. Mengecek imil masuk dari berbagai topik yang sudah dipilah-pilah menjadi beberapa sub direktori [misalnya, milis A, milis B, facebook, kantor, dsb].

Email alert itu memang telah di"setup" di blognya, sehingga setiap ada materi yang diterbitkan dan ada pembacanya yang memberi komentar akan langsung diteruskan ke alamat imil Ariel.

Pada subdirektori facebook [FB], maka Ariel tahu bahwa ada kawan FB yang memberi komentar, sehingga Ariel bisa langsung  masuk ke FB untuk membalas komentar yang masuk.

Ariel bisa juga melihat isi blognya di FB, karena dia juga sudah melakukan setup agar isi blognya ditampilkan secara otomatis di FB [bedakan dengan blog di FS yang harus di"copas" dulu dari sumber aslinya].

Sambil membaca imil dari milis [yang kadang begitu banyak], kadang Ariel melihat "alert" lain berupa pemberitahuan adanya kawan plurknya yang mengomentari tulisannya di plurk . Bila tergerak, maka Arielpun langsung masuk ke Plurk untuk membalas komentar tersebut dan kemudian balik lagi ke webmail.

Arielpun punya sub direktori multiply, karena dia telah melakukan "setup" di blognya, agar apa yang dipostingkan di blognya secara otomatis diterbitkan juga di "multiply"nya. Demikian juga apa yang diposting di multiply langsung masuk juga ke blognya.

Ringkasnya, setup koneksi FB [facebook], MP [multiply], Plurk dan imil [webmail] yang dilakukan Ariel adalah sebagai berikut :

1. Tulisan di blog, secara otomatis diteruskan ke FB [facebook], MP [multiply] dan imil.
2. Tulisan di PLURK, diteruskan langsung ke FB, menjadi alert di imil dan tampil juga di blog.
3. Beberapa kegiatan di FB bisa juga tampil di blog.
4. Posting di MP langsung masuk ke Blog dan imil [webmail maupun pop3]

Pengaturan koneksi ini masih bisa dilengkapi dengan layanan internet lain, misalnya flickr, twitter, my space ataupun ratusan aplikasi yang ada di facebook.

Jadi, saat ini kegiatan ngeblog menjadi semakin mudah, cepat dan saling berhubungan secara otomatis. Tinggal mengatur waktu agar tidak ada kegiatan wajib yang terbengkalai. Jangan sampai rajin ngePLURK dan pekerjaan kantor jadi ketinggalan.

Yang sunah itu sebaiknya jangan mengalahkan yang wajib [CMIIW], atau ada pendapat lain? Silahkan isi komentar di bawah, agar anda juga bisa berbagi pada pembaca yanglain. Insya ALlah menjadi amlan anda. Amin.

Hubungan antara Blog, Email, Multiply, Plurk dan FACEBOOK

2 komentar:

Syamsul Alam mengatakan...

Hm...... ada arti terselubungkah dari postingan ini..... hueheueuheuheuhuehue.......

eshape waskita mengatakan...

Ada jawaban dari kapanlagi sebagai berikut :

Halo eko sutrisno hp,

Sebelumnya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua peserta program berhadiah Ourfriends KapanLagi.com. Kami juga mengucapkan permintaan maaf atas keterlambatan pengumuman pemenang dari tanggal awal pengundian sehingga menimbulkan rasa ketidakpercayaan dari beberapa rekan blogger.

Keterlambatan ini bukan kesengajaan, tapi peserta banner Ourfriends KapanLagi.com melebihi target yang diharapkan sehingga dibutuhkan waktu lebih untuk melakukan validasi yang akurat. Sepuluh pemenang uang tunai Rp5.000.000 untuk periode I Ourfriend sudah diumumkan pada 31 Desember 2008 (Klik di sini).

Bagi peserta yang belum beruntung, akan diikutkan ke program berikutnya dengan syarat banner tetap terpasang, bahkan hadiahnya lebih besar dari sebelumnya, yaitu US$5.000 untuk sepuluh pemenang.

Tidak ada perubahan pada Ourfriend Periode 2, baik pendaftaran maupun syarat dan ketentuan. Anda hanya wajib memasang BANNER yang ada di halaman Ourfriend di situs/Blog/Friendster/Multiply sampai periode Ourfriend 2 berakhir. Keterangan lebih lanjut baca di sini.

KapanLagi.com berharap bisa tetap menjalin hubungan baik dengan seluruh komunitas online Indonesia, termasuk blogger tentunya. Jika Anda belum menang di tahap satu, semoga tahap dua jadi keberuntungan Anda. Good Luck!

Terima Kasih!
KapanLagi.com Team