Senin, Juni 30, 2008

Strategi Belajar


Sabtu, hari pengambilan raport anak SMP, kudengar suara salam dari luar rumah. Pasti anakku sudah selesai ngambil raport. Seingatku tadi aku melarang dia mbawa HP ke sekolah, meskipun dia berkeras perlu HP untuk mengabari nilai raportnya, jadi pasti sebentar lagi aku akan mendengar ceritanya dia (yang biasanya disampaikan dengan mata yang berbinar-binar).

Tak tunggu di kamar kok gak muncul-muncul, akupun keluar. Ternyata anakku masih duduk “ngglongsor” di pintu rumah. Wah, masalah apa ini? Pasti nilainya bermasalah nich...

Ketika kuperiksa raport dan hasil ujiannya, nilainya masih normal-normal saja. Kalau ada yang aneh, hanya ada di nilai matematika. Di raport tertulis 8.XX dan di lembar ujian tertulis 6.XX. Apa ini ya penyebabnya?

Setelah melalui “perjalanan panjang”, akhirnya diketahui masalahnya adalah dia sering memberi tahu seseorang temannya, tetapi justru yang dia kasih tahu rankingnya lebih bagus dari dia.

Oalah nduk, lha wong kayak gitu saja kok menyedihkan hatimu. Akupun memberi dia tips untuk meningkatkan nilainya. Tipsku ini kuberi nama 5x5 (adopsi dari stepback 5x5 ya...!:-).

Ini tipsnya :

1. Pulang sekolah, keluarkan semua buku yang ada di tas dan taruh di meja (atau apapun). Sebelum dimasukkan lemari, cari lima buku dan baca sepintas ke lima buku itu dalam waktu lima menit (saja).
2. Malam hari, sehabis makan malam, siapkan jadwal untuk besok. Kembali pilih lima buku sebelum dimasukkan tas dan baca dalam waktu lima menit (saja).
3. Bangun tidur, cek lagi lima buku dan baca lagi dalam waktu lima menit.

Insya Allah, manjur dan nilainya naik.
Amin.

Tidak ada komentar: