Jumat, Januari 29, 2010

Kapan Tidur dan Kapan Bangun

Aku baru saja menjawab sebuah pertanyaan yang ada disini. Itu adalah situs yang dibuat oleh detik dot com.

Pertanyaannya adalah tentang masalah KELAMAAN TIDUR yang kemudian kuartikan dengan pertanyaan tentang KAPAN [sebaiknya] TIDUR dan KAPAN [sebaiknya] BANGUN.

Jawabanku tidak bisa panjang lebar karena keterbatasan kuota, jadi kutuliskan versi panjangnya disini saja.

+++

Tidur yang paling bermutu adalah sekitar jam 23.00 s.d 03.00, sedangkan jumlah jam tidur, rata-rata para ahli sepakat antara 6-8 jam [ada juga yang bilang sampai 10 jam].

Pada jam tersebut, bila kita tidur, maka bekerjalah sebuah hormon yang disebut Hormon Somatropin, yaitu suatu hormon yang sangat berperan penting untuk menghambat proses penuaan.

Hormon Somatropin bekerja untuk regenarasi sel. Ketika jadwal tidur seseorang mengalami gangguan, hormon tersebut tidak dapat diproduksi secara baik, akibatnya regenerasi sel akan terhambat, padahal tanpa regenarasi, sel-sel yang mati tidak akan tergantikan, kerja selpun akan terhambat.

Jika kerja sel terhambat, berbagai metabolisme tubuh juga tidak akan berlangsung dengan baik. Sehingga orang yang kurang tidur akan lebih cepat tua, lambat laun akan terjadi kemunduran fungsi pada berbagai organ tubuh, manifestasinya, bisa terjadi berbagai macam penyakit.

Silahkan lihat juga tautan tulisan ini.
Jam 03.00-05.00 adalah saat paling tepat untuk melakukan olah raga paru-paru atau pernafasan. Ini yang memperkuat pendapat bahwa jam paling baik untuk meditasi adalah pada jam 03.00 s.d jam 05.00. Dalam agama Islam dikenal sebagai waktu untuk melaksanakan sholat malam yang paling afdol.
Banyak contoh yang telah membuktikan bahwa segala penyakit bisa hilang bila kita rajin sholat di jam-jam ini. Pernafasan yang teratur membuat semua jalan darah lancar dan nutrisi terbawa ke semua sel yang membutuhkan.  Silahkan baca juga tulisan tentang pikiran tubuh dan jiwa.
Jam 05.00 - 07.00 adalah saat usus besar bekerja, jadi sebaiknya kita melakukan BAB pada jam ini. Sebaiknya begitu bangun tidur, kita langsung minum segelas air putih hangat dan kemudian baru makan makanan lain setengah jam setelah minum air putih tadi. Akan lebih baik lagi kalau kita minum jus buah sebelum makan pagi,  meskipun untuk hal ini masih juga ada perbedaan pendapat.

Jam 07.00 s.d 09.00 adalah saatnya kita membakar semangat kita. Pikirkan hal-hal yang baik pada jam ini, maka hidup kita dalam hari ini akan dipenuhi dengan prasangka baik, sehingga [menurut teori quantum ikhlas atupun "The SECRET"] lingkungan kita akan terkontaminasi prasangka baik ini. Akibatnya hidup kita dalam sehari itu akan penuh dengan suasana yang menggembirakan. Bergaulah dengan orang baik, maka kita juga akan ketularan baiknya.

Jai kalau kita tetap tidur pada jam-jam di atas, maka kita telah melewatkan moment yang sangat indah dalam keseharian hidup kita.

Hidup ini hanya sekali, jadi sebaiknya kita jaga waktu tidur kita agar optimal. Tidak kebanyakan dan tidak kekurangan dan dilakukan pada jam tidur yang disarankan oleh para ahli kesehatan.

Sumber tulisanku ini dari berbagai sumber yang kubaca baik di buku maupun yang bertebaran di internet.

+++

Semoga memberi pencerahan bagi yang membacanya.

Salam.

+++
Ini bukan contoh tidur dengan sikap yang baik, ini adalah contoh tiduran yang agak "caper"

3 komentar:

Senja mengatakan...

selamat pagi mas,..terima kasih untuk sharing nya. saya kadang kesulitan tidurr,... pdhl disiang hari saya jg tidak tdr siang.

saya bahkan dpt peringatan keras mengenai ini dari dokter,karena sungguh tdk baik untuk kondisi saya :(

tapi penjelasan mas eko disini bukan hanya soal efek negatif untuk kesehatan saja.

sekali lagi terima kasih mas eko...:)

eshape waskita mengatakan...

Senang bisa membuat mbak Senja senang.

Semoga bisa tidur lebih nyenyak dan bisa lebih mencurahkan kasih sayang buat buah hati tercinta yang di rumah.

Salam Air Bening

ISI JELAGA mengatakan...

Trims atas "peringatannya"