Jumat, Desember 04, 2009

Khatib Jumatan di JCC



"Saya pulang dulu pak Eko", kata pak Kiming padaku.

"Lho baru jam berapa nih pak?"

"Lebih afdol Jumatan di masjid pak Eko"

"Ooo...iya ya", aku juga belum tahu sholat Jumatan dimana. Biasanya sih Jumatan di JCC memakai ruang Kasuari.

Saat khatib mulai khutbahnya, aku masih setengah melamun antara ingin sholat Jumat di Masjid atau tetap di ruang Kasuari saja. Sampai akhirnya khotbah itu menyinggung masalah dua hal yang selalu disepelekan oleh semua manusia di muka bumi ini.

Dua hal yang disepelekan oleh manusia adalah masalah KESEHATAN dan WAKTU.

Hampir semua orang suka lupa diri ketika sehat demikian juga sering lupa diri ketika waktu begitu banyak tersedia di depannya.

Kesehatan baru terasa mahal ketika kita sedang sakit. Semua yang ada di sekeliling kita tiba-tiba berubah menjadi sangat berbeda. Makanan kesukaan bisa menjadi makanan yang paling tidak bisa dimakan.

Lagu yang biasanya enak didengar bisa menjadi lagu yang paling dibenci dan bahkan kadang jadi paling tidak mau mendengar suara apapun saat sakit.

"Demi masa, sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian..."

Begitulah manusia itu, sering membuang waktu dengan percuma. Banyak hal yang bisa dikerjakan saat waktu luang tiba-tiba menjadi tidak bisa dikerjakan lagi karena sempitnya waktu.

Khatib ini dengan pelan-pelan menyampaikan khotbah singkatnya, sehingga terlihat tidak banyak jamaah yang berada di sekitarku yang terlihat mengantuk. Ada sih satu dua yang terlihat khusyu' banget sampai kepalanya hampir menyentuh lantai, tapi tidak banyak yang seperti itu.

Di akhir khotbahnya, Khatib menyinggung soal istilah Yatim dan Piatu. Yang sering didengar adalah Yatim itu bila kehilangan Ayah dan Piatu bila kehilangan ibu. Menurut khatib, Yatim adalah kehilangan bapak maupun ibu sedang piatu berarti kehilangan kaum kerabat.

Benarkah begitu? Hanya ahli bahasa yang tahu.

Selesai sholat Jumat akupun mengucapkan syukur. Sungguh sholat Jumat yang enak dan indah. Tempatnya dekat dan isi khotbahnya sangat padat berisi.

Tidak sia-sia Pameran Konstruksi Indonesia ini bekerja sama dengan pengurus JCC mengadakan acara Jumatan di Ruang Kasuari.

Terima kasih.




+++
Artikel [tidak] terkait
Bekasi Peduli Aids

Tidak ada komentar: