Jumat, Desember 14, 2007

TK Kita Nurul Azizi


Berawal dari keinginan memberikan pendidikan yang memadai untuk buah hatiku yang pertama dan yang kedua, maka bersama teman-teman di Villa Palem Kencana Medan, sekitar tahun 1996, kami mendirikan Yayasan dan kemudian menyewa sebuah rumah untuk dijadikan sebagai TK/PG Nurul Azizi 2.

Kami memang bekerja sama dengan TK/PG Nurul Azizi Medan yang sudah ada, yang kami ketahui telah berkiprah cukup lama serta menghasilkan anak didik yang sesuai dengan harapan kami.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya di tahun naga (2000), anak kami terkecil lahir dan kamipun pindah ke Surabaya (transit beberapa bulan di Yogya dulu). TK Nurul Azizi 2 yang makin maju kita serahkan pengelolaannya pada teman-teman yang ada di Medan.

Alhamdulillah, TK itu semakin maju, meskipun kami sudah tidak bisa melihatnya lagi (biaya Surabaya Medan memang lumayan memakan ongkos).

Keinginan mendirikan TK lagi di Surabaya kita lupakan, karena memang memerlukan usaha yang lumayan keras, mulai dari waktu, tenaga dan terutama “duik” alias “money”.

Namun di perjalanan waktu, anak kami yang makin besar membuat kami kembali berpikir untuk menyekolahkan di tempat pendidikan yang memadai.

Ternyata untuk menyekolahkan anak di Surabaya jauh lebih mahal dibanding di Medan. Akhirnya, Yayasan kembali terbentuk dan TK/PG Nurul Azizi 3 kembali terbentuk di Surabaya. Tekadnya mendirikan TK/PG yang murah tetapi mampu memberikan pendidikan yang memadai untuk anak-anak di lingkungan sekitar kita.

Didirikan di sekitar lingkungan yang sudah mapan, maka TK/PG Nurul Azizi 3 ini berjalan dengan perlahan untuk menempatkan dirinya diantara TK/PG besar yang ada di sekitar kita. Alhamdulilah, TK/PG ini makin membesar dan sejarah kemabli terulang, kami mutasi lagi ke Jakarta meninggalkan TK/PG tercinta ini.

Perjuangan untuk menyerahkan TK/PG ini pada teman-teman di Surabaya banyak mengalami kendala. Beberapa kawan yang berminat untukmengelola TK/PG ini kami pandang lebih mengedepankan sisi bisnis dibanding sisi pendidikan, sehingga sampai saat ini TK/PG itu masih dalam proses penawaran untuk dapat dikelola oleh teman-teman di Surabaya.

Beberapa tahun lalu, kami melakukan studi banding antara TK/PG Nurul Azizi 1, 2 dan 3. Mereka para guru-guru dari Medan berbondong-bondong datang ke Surabaya untuk melihat TK kita dan sungguh hari itu terjadi pertemuan yang sangat mengharukan kami.

Lama berpisah dan ternyata masing-masing telah sukses dengan TK masing-masing, bukankah suatu hal yang sangat membanggakan dan mengharukan?.

Pada kawan-kawan di Medan dan terutama di Surabaya (pak Didit misalnya) sungguh kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga. Berkat merekalah acara yang memakan banyak ongkos ini menjadi ringan, bahkan kami sempat bersama-sama melanjutkan studi ini ke Bali.

Ini mimpi yang menjadi kenyataan bagi para guru-guru TK/PG Nurul Azizi 1, 2 dan 3. Sekarang mimpi kami tinggal bagaimana mencari teman yang sanggup mengelola TK/PG Nurul Azizi 3 di Surabaya dengan tujuan untuk memajukan dunia pendidikan anak-anak dengan biaya yang terjangkau dan tidak melulu untuk bisnis mencari uang banyak.

Sesungguhnya berbisnis dengan Allah jauh lebih menguntungkan dibanding berbisnis dengan selain Allah.

Insya Allah doa kami terkabul. Amin.






Keterangan gambar :
Poster ketika ikut pameran pendidikan di Surabaya
Gedung TK di awal pembentukan
Drumband Mini yang mempesona (TK Kecil kok punya drum band ya?)
Salah satu Spanduk “sharing knowledge” dengan pembicara nasional
Talk show dengan Neno Warisman dan Pesantren Ramadhan

eshape
eko.eshape@gmail.com
yeni.eshape@gmail.com (ketua yayasan Al Bani telp 08883087532)

Tidak ada komentar: